BDR KELAS 4 RABU 5 JANUARI 2022

 


 

 

Kelas         : IV (Empat)
Tema         : 6. Cita-citaku
Sub Tema  : 1. Aku dan Cita-citaku
Semester    : II (Genap) 


IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup.
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan
sekitarnya.

SBdP
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada


Tujuan Pembelajaran


Melalui tayangan video, peserta didik dapat menganalisis perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang dengan mandiri. Melalui tayangan video peserta didik dapat mengidentifikasi tanda tempo pada lagu Kupu-kupu yang Lucu dan Tik-tik Bunyi Hujan dengan teliti.


Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Selalu taati prokes, jalani kebiasaan baru dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan, menjaga jarak, dan selalu pakai maskermu. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan,sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.


Kegiatan 1


Anak-anak hebat, kalian sudah mengetahui tahapan pertumbuhan pada beberapa hewan, seperti: ayam,
kelinci, dan kucing pada pembelajaran sebelumnya.Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis.Ada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan ada juga yang mengalami metamorfosis tidak
sempurna. Untuk mengetahui lebih lanjut, kita simak tayangan berikut ini yuk!


 
Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Buatlah gambar metamorfosis kupu-kupu dan belalang!
2. Berdasarkan gambar tersebut, menurutmu apa perbedaan keduanya?
3. Mengapa pertumbuhan kupu-kupu termasuk metamorfosis sempurna?
4. Mengapa pertumbuhan belalang termasuk metamorfosis tidak sempurna?
5. Carilah contoh lain hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan contoh hewan yang
mengalami metamorfosis tidak sempurna beserta tahapan pertumbuhannya!


Apabila telah selesai, kumpulkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2


Apakah kalian tahu kalau ada lagu yang menceritakan tentang hewan dan tumbuhan. Nah, salah satunya adalah lagu Kupu-kupu yang Lucu Dan Tik Tik Bunyi Hujan ciptaan Ibu Sud.Dalam bernyanyi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan salah satunya adalah tempo. Terdapat beberapa istilah tempo yang biasa dituliskan pada sebuah teks notasi lagu. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang
istilah tempo pada tautan berikut ini!





Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu"dan "Tik-Tik Bunyi Hujan” di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian,cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu tersebut.


1. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu” dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?

2. Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?


3. Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, pada pertemuan berikutnya, kita akan belajar yang lebih seru,yaitu tentang segi banyak dan kenampakan alam. Berikut ini link materinya:

 



Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!! 

Sumber : RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta



Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022