BDR KELAS 4 SELASA 25 JAN 2022

 


 

Kelas        : IV (Empat)
Tema        : 6. Cita-citaku
Sub Tema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Semester  : II (Genap) 


Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan.
4.3 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
sebagai bentuk ungkapan diri.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat melisankan puisi hasil dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri dengan percaya diri, Dengan membaca, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam tambang di lingkungan sekitar dengan mandiri


Assalamualaikum wr.wb.....selamat pagi anak-anak !

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Selalu taati prokes, jalani kebiasaan baru dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan, menjaga jarak, dan selalu pakai maskermu. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan,sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.


Kegiatan 1
Cita-cita merupakan impian besar kita yang harus kita wujudkan dengan penuh semangat. Jangan pernah patah semangat sampai kamu meraihnya, seperti puisi berikut ini! Ayo kita baca!

 


 Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya. Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya. Hafalkan kemudian deklamasikan puisi tersebut dengan memperhatikan ekspresi, lafal, intonasi, irama, dan gerak tubuhmu!


Kegiatan 2
Puisi yang kamu pelajari tadi terinsipirasi dari novel karya Andra Hirata yang berjudul Laskar Pelangi. Andrea Hirata merupakan salah satu contoh pemuda masa kini yang gigih memperjuangkan mimpi dan cita-citanya.Ayah Andrea adalah pegawai di PN Timah, Belitung.Belitung dahulu merupakan daerah penghasil timah andalan Indonesia. Timah adalah salah satu hasil sumber daya alam tambang.
Tahukah kamu apa itu sumber daya alam tambang? Mari kita cari tahu dengan membaca informasinya pada tautan di bawah ini!


https://tinyurl.com/bdwedbx7


Tuliskanlah informasi tentang sumber daya alam tambang yang kamu ketahui serta manfaatnya pada tabel berikut!

Berdasarkan tabel sumber daya alam tambang tersebut,jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu?
2. Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu?
3. Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
 

Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, pada pertemuan berikutnya, kita akan belajar yang lebih seru,yaitu tentang Keragaman Karakteristik Individu dan Montase. Berikut link materinya:



https://www.youtube.com/watch?v=gnyYSvNfsB8


Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021