BDR KELAS 4 SENIN 24 JAN 2022

 


 

 

Kelas              : 4 (Empat)
Tema              : 6 (Cita-Citaku)
Subtema         : 3 (Giat Berusaha Meraih Cita-cita)
Pembelajaran : 3 


Kompetensi Dasar
Matematika
3.4 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga
serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
4.4 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegi panjang,
dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.


Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling persegi panjang, menyajikan hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati di lingkungan sekitar dengan disiplin dan kerja keras.


Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Selalu taati prokes, jalani kebiasaan baru dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan, menjaga jarak, dan selalu pakai maskermu. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan, sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.

Kegiatan 1
Semua orang dapat menempatkan cita-citanya setinggi langit. Namun, setiap orang harus berusaha keras untuk mencapainya. Banyak berlatih dan mengasah kemampuan kita dengan kegemaran yang sesuai dengan cita-cita kita kelak akan memudahkan kita untuk mencapainya.


Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah belajar menghitung keliling persegi panjang. Masih ingatkah cara menghitung keliling persegi panjang? Ya, untuk menghitung keliling persegi panjang kita bisa menjumlahkan panjang setiap sisinya atau dapat dirumuskan dengan 2 x (panjang + lebat).
Sekarang perhatikanlah benda-benda yang ada di kelasmu atau benda yang kalian bawa di dalam tas
yang berbentuk persegi panjang. Selanjutnya tuliskan panjang, lebar, dan keliling benda tersebut pada tabel di bawah ini!

Silahkan kerjakan di buku tulismu, setelah selesai serahkan kepada bapak/ibu guru!
Selamat mengerjakan!


Kegiatan 2
Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di negara kita. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras
habis untuk memenuhi kebutuhan manusia.Agar kamu lebih memahami tentang sumber daya alam
mineral dan sumber daya alam hayati, mari kita simak tayangan berikut ini!



https://youtu.be/IT8cDm80taU


Selanjutnya, tuliskanlah sumber daya alam hayati yang terdapat di sekitarmu beserta manfaatnya pada tabel di bawah ini!

Menurtmu, apa yang akan terjadi jika sumber daya alam digunakan secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan manusia? Mengapa sumber daya alam mineral termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?
Bagaimana cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian serahkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Besok kita akan belajar dengan materi yang seru tentunya. Materi untuk besok yaitu deklamasi puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
dan sumber daya alam tambang. Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!



https://youtu.be/btlHmNBHwKk


Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! Sampai jumpa besok!

Sumber:RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021