BDR KELAS 4 JUMAT 18 FEBR 2022

 


Kelas               : 4 (Empat)
Tema               : 7 (Indahnya Keberagaman di Negeriku)
Subtema          : 3 (Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku)
Pembelajaran  : 3
Semester         : II (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Hari/ tanggal   : Jumat, 18 Februari 2022

Kompetensi Dasar
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
4.6 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.

IPS
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

 

Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik mengidentifikasi garis dan hubungan antargaris, menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman aktivitas ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang dengan disiplin dan mandiri.

Kegiatan 1 IPS
Masyarakat Indonesia beragam dalam budaya, suku bangsa, bahasa, dan agama. Selain itu, ada pula keragaman dalam aktivitas ekonomi. Ayo kita cari tahu dengan menyimak tayangan berikut!


https://tinyurl.com/yc4mfk3h


Selanjutnya lengkapilah tabel di bawah ini!

Bagaimana dengan aktivitas ekonomi orang tuamu?
Termasuk ke dalam bidang apakah aktivitas ekonomi tersebut? Berikan penjelasannya ya!
Kerjakanlah pada buku tulismu ya!
Selamat mengerjakan!

 

Kegiatan 2 Matematika
Ananda, apakah kamu pernah naik kereta api? Kereta api merupakan salah satu layanan di bidang jasa transportasi yang mendukung aktivitas ekonomi masyarakat.

Apabila kita amati sepasang batang baja pada rel kereta api seperti dua buah garis yang selalu berdampingan. Tahukah kamu disebut apakah hubungan antar kedua batang rel tersebut?
Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang garis dan hubungan antargaris. Mari kita simak penjelasan berikut!



Sebagai latihan kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1. Salin pasangan titik-titik berikut di buku latihanmu!
Kemudian buatlah satu garis yang melaluinya!


2. Buatlah masing-masing 2 contoh gambar garis sejajar,
garis saling berpotongan, dan garis berimpit!
3. Perhatikanlah gambar berikut ini!

Berdasarkan gambar tersebut, garis AD sejajar dengan garis … dan garis BD saling berpotongan dengan garis ….

Kerjakan di buku tulismu ya!
Selamat mengerjakan!

 

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Minggu depan kalian sudah melaksanakan PTS di sekolah masing-masing ya.Pelajari dengan baik materi-materi yang sudah Bapak/Ibu guru sampikan supaya mendapatkan hasil yag memuaskan.
Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021