BDR KELAS 4 KAMIS 3 FEB 2022
Kelas : IV (Empat)
Tema : 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Sub Tema : 1. Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Menuliskan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca cerita, peserta didik dapat menuliskan menuliskan kembali dengan bahasa daerahnya sebagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. Setelah menyaksikan video pembelajaran peserta didik dapat menemukan informasi baru dari teks tentang karagaman suku bangsa di Indonesia dengan cermat dan percaya diri.
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing- masing). Selalu taati prokes, jalani kebiasaan baru dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan, menjaga jarak, dan selalu pakai maskermu. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan,sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.
Kegiatan 1
Anak-anak pembelajaran kita hari ini masih membahas tentang keragaman suku bangsa di Indonesia. Setiap suku bangsa memiliki bahasa khasnya masing-masing yang disebut sebagai bahasa daerah.
Setiap daerah memiliki bahasa daerah sebagai alat komunikasi.
Yuk kita simak penjelasannya melalui penjelasan pada video berikut yaa
https://youtu.be/cg5U9Ln_Jrs
Pada video tersebut dijelaskan tentang keragaman bahasa daerah di Indonesia. Nah tugas kalian adalah
menemukan informasi dari setiap paragraf melalui ide pokoknya ya!
Untuk lebih mudahnya gunakan tabel berikut!
Kegiatan 2
Terima kasih sudah mengirimkan tugas pertamanya.Selanjutnya pernahkah kalian membaca cerita rakyat? Cerita rakyat apa yang ada di daerah kalian? Nah tugas kalian selanjutnya
Carilah sebuah cerita rakyat kemudian ceritakan kembali cerita tersebut dalam bahasa daerahmu!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian kumpulkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, pada pertemuan berikutnya, kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang Keberagaman agama, faktor penyebab keberagaman agama, tempo dan tinggi rendah nada.Berikut ini link materinya:
https://youtu.be/8GyHaMXCkHA
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!