BDR KELAS 4 KAMIS 17 MARET 2022

 


 

 

Kelas : 4 (Empat)
Tema : 8 (Daerah Tempat Tinggalku)
Subtema : 2 (Keunikan Daerah Tempat Tinggalku)
Pembelajaran : 3
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Hari/ tanggal : Kamis, 17 Maret 2022

 

Kompetensi Dasar
Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
4.6 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.

 

IPS
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

 

Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat mengukur sudut pada jam dalam satuan baku, mengidentifikasi keragaman aktivitas ekonomi serta hubungannya dengan berbagai pekerjaan dengan teliti dan kerja keras
.

 

Kegiatan 1 IPS
Ananda, kita tentu sering memanfaatkan buku dalam kegiatan sehari-hari baik sebagai sumber informasi dan pengetahuan ataupun untuk sekadar menulis dan mencatat hal-hal yang penting pada buku catatan.

Pernahkah kamu berpikir, bagaimana sebuah buku dibuat hingga sampai ke tanganmu? Amatilah gambar-gambar di bawah!


Gambar di atas mengingatkan kita pada kegiatan pokok ekonomi. Ingatkah kalian kegiatan ekonomi?
Kalian bisa mengingatnya Kembali dengan menyaksikan video berikut ya!




Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud produksi dan produsen?
2. Apakah yang dimaksud distribusi dan distributor?
3. Apakah yang dimaksud konsumsi dan konsumen?

Pada gambar tadi kalian dapat melihat kegiatan produksi buku. Dalam memproduksi buku, seorang produsen melibatkan banyak pekerja. Di antaranya ada penulis buku, ada yang menata isi buku, ada yang menggambar isi buku, ada yang mencetak, ada yang menjilid, ada yang menata buku dalam kardus, ada sopir yang mengantar ke toko-toko buku, dan lain sebagainya.

Nah, pilih salah satu di antara pekerja yang ada pada produksi buku. Kemudian, cari tahu syarat dan keahlian yang harus dimiliki untuk menjadi pekerja tersebut!

Kerjakanlah pada buku tulismu ya!
Selamat mengerjakan!

 

Kegiatan 2 MATEMATIKA
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari cara mengukur sudut pada dua buah garis yang saling berpotongan dan juga menghitung besar sudut pada bangun datar. Kira-kira, adakah benda lain yang dapat kita ukur sudutnya?

Di rumah kalian tentu terdapat jam sebagai penunjuk waktu bukan? Nah, jarum pendek dan jarum panjang pada sebuah jam membentuk suatu sudut. Bagaimana menghitungnya? Mari simak penjelasan berikut ini!




Supaya kalian lebih paham, kerjakan LKPD berikut ini  ya!


Kerjakanlah pada buku tulismu, atau bisa di prin ya!
Selamat mengerjakan!

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Besok kita akan belajar materi keragaman karakteristik individu dan kegiatan ekonomi.
Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021