BDR KELAS 4 ,JUMAT 24 JULI 2020
BDR KELAS 4, JUMAT 24 JULI 2020
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yangterikat persatuan dan kesatuan dengan mendiri,
menyajikan laporan hasil
percobaan tentang sifat-sifat bunyi dengan
penuh percaya diri.
Assalamu
alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga
Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan
kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi
ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa
untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan
setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar
terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima
kasih.
Anak-anak
sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya
dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau
sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita
awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada
ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan
kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Anak-anak,
bagaimana keadaan lingkungan rumahmu? Apakah sudah bersih? Nah, agar lingkungan
kita senantiasa bersih dan sehat, kita harus selalu menjaga kebersihannya. Sekarang,
ayo kita lakukan PSN di rumah! Bersihkan bagian-bagian rumah yang kotor dan
periksalah jentik pada tempat-tempat penampungair yang ada di rumah! Apabila
Anak-anak menemukan jentik, jangan dibuang ke selokan ya, tapi buanglah ke
tanah agar jentiknya mati! Mintalah bantuan ayah/bunda untuk mendampingi Ananda
melakukan PSN! Fotokan kegiatan PSNnya dan kirimkan ke WA Ibu Guru ya!
KEGIATAN 1 (MUATAN PKN )
Indonesia
terdiri atas beragam agama. Perbedaan yang ada membutuhkan toleransi di antara
pemeluknya. Berikut ini ada kisah menarik dari kelas Pak Burhan yang berjudul
‘Belajar dari Cerita’. Mari kita baca cerita berikut ini!
BELAJAR DARI CERITA
Pak Burhan
selalu memulai kegiatan di kelas dengan berbagi cerita. Bukan Pak Burhan yang
bercerita, tetapi anak-anak di kelas yang bergantian bercerita. Berbagi cerita
selalu dinantikan oleh anak-anak. Semua ingin memperoleh kesempatan bercerita.
Pagi ini, Pak
Burhan mengajak anak-anak berbagi cerita seputar hari raya. “Sehari sebelum
hari Natal, yaitu di tanggal 24 Desember, aku dan keluarga berkumpul di rumah
Opa.” ujar Edo. “Di hari itu, Oma pasti memasak makanan spesial yang jarang dimasaknya
di hari lain. Papeda juga menjadi makanan spesial yang terhidang di malam
Natal. Kami sekeluarga berkumpul hingga larut malam, dan mengakhiri malam dengan
berdoa. “Nah, kalau di hari Natal, pada tanggal 25 Desember, kami sekeluarga pergi
beribadah Natal di gereja.
“Wah, ternyata
hampir sama seperti hari raya Idul Fitri ya” ujar Siti.
“Kami pun di
hari Idul Fitri selalu berkumpul dan saling memohon maaf dengan kerabat dan
saudara setelah ibadah di Masjid,” tambahnya.
“Iya ya, sama
seperti Edo pada hari Natal, saat Idul Fitri juga selalu ada makanan spesial,
yaitu ketupat dan opor ayam.” Udin menambahkan komentar Siti.
“Di Bali,
menjelang hari raya Galungan seluruh kampung selalu ramai dihiasi oleh penjor
atau janur yang tinggi. Kami sekeluarga lebih sering pulang ke Bali menjelang
hari raya Galungan agar bisa berkumpul dengan sanak saudara di sana. Sebelum
merayakan bersama, keluarga melakukan kegiatan ibadah di Pura pada pagi hari,”
kata Dayu.
“Ah, semua sudah
bercerita. Aku juga mau bercerita, Pak. Boleh ya, hari ini banyak yang berbagi
cerita.” pinta Lani.
Pak Burhan dan
teman-teman sekelas tertawa.
“Tentu saja
boleh, Lani. Ayo, sekarang giliranmu bercerita.” ujar Pak Burhan.
“Nah, kamu pasti
belum pernah mendengar cerita tentang kebiasaan keluargaku di hari raya Waisak.
Sebenarnya sih tidak banyak berbeda. Ibu dan nenekku biasanya juga membuat
masakan spesial menjelang hari raya Waisak. Saat ini nenekku yang paling tua,
jadi semua keluarga akan datang ke rumahku untuk berkumpul pada hari Waisak.
Selain menyediakan makan untuk keluarga, pada hari tersebut biasanya kami pun
berbuat kebaikan bagi orang lain yang membutuhkan. Vihara, rumah ibadah kami
pun dipenuhi cahaya lilin dari umat yang hadir untuk menjalankan ritual ibadah
di sana,” Lani mengakhiri ceritanya.
“Berbagi cerita
memang selalu menyenangkan. Kita bisa belajar dari banyak cerita, juga belajar
dari teman yang berbeda,” ujar Pak Burhan menutup kegiatan pagi ini.
Dikutip dari Buku Siswa Kelas 4 Tema 1. Kementrian Pendidikan dan Kebudaaan. 2017
Bagaimana, menarik bukan? Suasana di kelas yang penuh suka cita membuat kita rindu ya ingin cepat-cepat ke sekolah lagi. Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
- Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
- Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
- Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
- Apa saja contoh-contoh kerukunan dalam keragaman agama di sekitar rumahmu?
- Menurutmu, mengapa kita harus hidup rukun dan saling menghargai terhadap perbedaan yang ada?
Tuliskan
jawabannya pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya dan kirim melalui WA Ibu guru ya!
Bagi
siswa yang tidak menggunakan smartphone simpan dulu tugasnya, nanti tunjukkan
ke Ibu guru kalau sudah masuk sekolah kembali.
KEGIATAN 2 (MUATAN IPA)
Pada pembelajaran sebelumnya
kita pernah melakukan percobaan membuat telepon sederhana yang membuktikan
salah satu sifat bunyi yaitu bunyi dapat merambat melalui benda padat. Hari ini
kita akan melakukan percobaan untuk membuktikan sifat bunyi yang lainnya yaitu
bunyi dapat merambat melalui benda cair. Bagaimana cara melakukannya? Kita
simak video berikut ini yuk!
Sekarang
coba kamu praktikkan di rumah ya! Mintalah bantuan Ayah/Bunda untuk memvideokannya
kemudian kirimkan ke WA Ibu guru ya! Setelah melakukan kegiatan
percobaan, sekarang yuk tuliskan pada buku tulismu dalam bentuk laporan
percobaan yang meliputi:
1. Nama Percobaan :....................................
2. Tujuan : ....................................
3. Alat dan Bahan : .....................................
4. Langkah
Kerja : .....................................
5. Hasil
Percobaan : ......................................
6. Kesimpulan : ......................................
Fotolah laporan percobaan yang telah kamu buat dan
kirimkan pada WA Ibu guru ya.
(Sumber : RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta)
Komentar
Posting Komentar