BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022

 


 

Kelas : 4 (Empat)
Tema : 8 (Daerah Tempat Tinggalku)
Subtema : 3 (Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku)
Pembelajaran : 5
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Hari/ tanggal : Selasa, 29 Maret 2022

 

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.5 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.

Matematika
3.5 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
4.5 Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang.

 

Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca cerita fiksi, siswa dapat mencermati informasi yang terdapat pada cerita tersebut dengan tepat.
Setelah memperhatikan data berupa tabel, siswa dapat membaca dan menafsirkan data tersebut dengan tepat

 

Kegiatan 1

Bahasa Indonesia : Cerita Fiksi

Ananda, air sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Tahukah kamu masyarakat yang tinggal di pedesaan pada zaman dahulu menyimpan air minumnya di dalam kendi. Apakah kamu pernah meminum air dari kendi?

Nah, berikut ini ada sebuah kisah yang menceritakan tentang kendi. Cerita fiksi ini berjudul “Kendi Emas dan Ular”.

Kita baca bersama yuk!

https://tinyurl.com/2brv5mjz

Berdasarkan bacaan yang telah disajikan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapakah tokoh utama dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?

2. Siapakah tokoh pembantu tambahan dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?

3. Siapakah yang menjadi tokoh antagonis?

4. Mengapa tokoh pada jawaban soal nomor 3 disebut tokoh antagonis?

5. Sikap apakah yang tercermin pada tokoh utama dalam cerita ‘Kendi Emas dan Ular’?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

 

Kegiatan 2

* Matematika : Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk tabel

Anak hebat, pertemuan sebelumnya kalian telah belajar pengumpulan dan penyajian data dalam bentuk tabel ya.

Kali ini kita akan lanjut ke materi membaca dan menafsirkan data dalam bentuk tabel. Membaca data dalam bentuk tabel berarti menyebutkan informasi yang hanya tertulis pada tabel tersebut.

Menafsirkan data sedikit berbeda dengan membaca data. Saat menafsirkan data dalam bentuk tabel, kita harus mampu menemukan informasi lain mengenai data tersebut yang yang tidak tertulis pada tabel. Informasi yang diperoleh dapat berupa data paling banyak, paling sedikt, terendah, tertinggi, selisih, atau jumlah.

Supaya lebih paham perhatikan video penjelasan berikut ini ya!

 


 

Selanjutnya, silahkan kalian kerjakan soal latihan pada link berikut ini!

https://www.liveworksheets.com/c?a=s&g=SD%2F4&s=MTK%20DATA%202&t=pry5fa31530&m=d&sr=n&ms=uzz&l=tk&i=dnodzxc&r=sk&db=0&f=dzddztdn&cd=phsi8ed07802nlzcnljngmkpc2ngnngznlxgg

Selamat mengerjakan!

 

 

Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Materi untuk pertemuan selanjutnya yaitu cerita fiksi dan bentuk benda tiga dimensi.

Mari kita akhiri pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar!

Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021