BDR KELAS 4,RABU 29 JULI 2020
BDR KELAS 4 ,RABU 29 JULI 2020
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema: 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat menjelaskan berbagai bentuk keberagaman sosial di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan, Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulisan dengan kreatif, mandiri, dan percaya diri.
Assalamualaikum, Selamat Pagi anak-anak ...
Kalian sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awalidengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
KEGIATAN 1
Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kita telah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia.Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagamantersebut? Ya, salah satunya adalah dengan bekerja sama.Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik. Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?Mari kita baca cerita berikut ini yuk!
PERBEDAAN BUKANLAH PENGHALANG
Tidak seperti biasa,
hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke
sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut
hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik
dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke
sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di
hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir
semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat.
Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat.
Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi.
Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti
mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan
kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi
merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan
waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah
semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah
putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah
terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha
menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas.
Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion
kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah
tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman
lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta
beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan
menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah
terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan
tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada buku tulismu, foto dan kirimkan hasilnya pada. WA ya
KEGIATAN 2
Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan kebiasaannya bekerja sama.Banyak sekali contoh-contoh kerja sama yang biasa dilakukan dalam masyarakat.Tahukah kamu apa saja kegiatan kerja sama di masyarakat? Ya, misalnya seperti ronda, kerja bakti membersihkan lingkungan, gotong royong membangun jembatan dan masih banyak lagi.Sekarang, carilah informasi tentang kerja sama yang dilakukan masyarakat di lingkungan rumahmu kemudian tuliskan pada kolom seperti di bawah ini!
Kamu dapat menuliskannya pada buku tulis mu ya! Kalau sudah selesai fotokan hasilnya dan kirimkan ke WA Bapak/Ibu Guru !
Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa pada pembelajaran jarak jauh esok hari.
(Sumber dari RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta)
Komentar
Posting Komentar