BDR KELAS 4 ,8 MARET 2021
BDR KELAS 4 SENIN 8 MARET 2021
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran: 2
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, mengidentifikasi jenis cerita fiksi serta mencermati tokoh-tokoh yang terdapat di dalamnya, menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan mandiri dan kreatif
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .
Kegiatan 1 SBdP
Ananda, adakah dari kalian yang berasal dari daerah Papua? Tahukah kamu apa lagu daerah yang terkenal dari daerah Papua? Ya, papua memilki banyak lagu daerah, salah satu yang populer adalah lagu yang berjudul “Yamko Rambe Yamko”. Mari kita simak lagunya pada tautan berikut ini!
Ketika bernyanyi kita harus memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Mari mengingat kembali tentang tempo dan tinggi rendah nada! Tempo adalah cepat lambatnya lagu dinyanyikan.
Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus disesuaikan dengan isi lagu. Sebagai contoh, yang menggambarkan keriangan biasanya menggunakan tempo cepat. Lagu untuk menidurkan bayi biasanya menggunakan tempo sedang ataupun tempo lambat.
Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Urutan tinggi rendah nada disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok.
Berlatihlah menyanyikan lagu tersebut! Apabila Ananda sudah dapat menyanyikannya dengan baik, rekam dalam bentuk video/voicenote dan kirimkan hasilnya kepadada bapak ibu guru!
Kegiatan 2 Bahasa Indonesia
Tahukah kamu kalau ada berbagai jenis cerita fiksi? Jenis cerita fiksi antara lain:
a. Cerita Rakyat (Cerita Jenaka, Mite, Fabel, Legenda, Saga)
b. Cerpen
c. Novel
Apa yang dimaksud dengan cerita rakyat, cerpen, dan novel? Mari kita simak penjelasan berikut!
https://youtu.be/fKk8Le0MRzw
Catatlah informasi pada tayangan tersebut agar kamu dapat mempelajarinya kembali!Salah satu hewan yang memiliki keunikan dan dapat ditemui di daerah Papua adalah Kasuari. Nah, berikut ini adalah teks cerita fiksi yang berjudul “Kasuari dan Dara Mahkota”. Ayo kita baca
Kasuari memiliki badan besar dan sayap lebar. Dia mampu terbang tinggi. Namun, Kasuari amat serakah. Dia memetik banyak sekali buah yang telah masak. Buah-buahan itu disembunyikan di bawah sayapnya sehingga burung-burung lain tidak kebagian. Burung-burung lain mengetahui keserakahan Kasuari. Oleh karena itu, tidak seekor burung pun mau berteman dengannya. Meski demikian, Kasuari tidak memedulikannya.
KASUARI dan DARA MAHKOTA
Lama-kelamaan Kasuari semakin serakah. Tidak hanya buah-buahan di pohon saja yang diambilnya, tetapi juga buah-buahan yang jatuh ke tanah. Burung-burung lain pun jengkel. Mereka mencari cara agar Kasuari sadar dari sifat serakahnya.
”Bagaimana jika lomba terbang? Siapa yang mampu terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Kalau Kasuari kalah, dia tidak boleh mencurangi kita lagi,” usul Dara Makota.
”Siapa yang bisa melawan Kasuari? Badannya besar. Sayapnya lebar. Sekali mengepakkan sayap, dia pasti bisa terbang jauh. Kita tidak akan menang,” jawab Pipit pesimis.
”Ingat, kita harus menggunakan akal. Serahkan semuanya kepadaku. Aku akan melawannya dalam perlombaan ini,” kata Dara Makota sambil tersenyum. Dia berusaha meyakinkan teman-temannya.
Teman-teman Dara Makota saling berpandangan. Mereka bertanya- tanya dalam hati. Mungkinkah Dara Makota yang bertubuh kecil dapat mengalahkan Kasuari yang besar?
Dara Makota menyampaikan tantangannya kepada Kasuari. Kasuari menyetujui tantangan Dara Makota. Saat pertandingan tiba, semua burung hadir untuk menyaksikan.
Dengan sombongnya Kasuari menertawakan Dara Makota. ”Sudahlah, kamu menyerah saja daripada mendapat malu,” ejek Kasuari.
Dara Makota bergeming. ”Siapa yang tertawa belakangan, dia yang menang,” sahut Dara Makota.
Kasuari dan Dara Makota pun bertanding. Mereka melesat dengan kencang. Kasuari terbang cepat sekali. Sesekali Kasuari menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Dia takut jika Dara Makota menyusulnya.
Saat asyik menoleh, tiba-tiba... BRAAK.... Kasuari menabrak batang pohon. Sebelah sayapnya pun patah. Semua yang hadir tertegun, tetapi Kasuari tak mau menyerah. Dia berusaha bangkit dan mengepak-ngepakkan sayapnya. Sayangnya, dia terus terjatuh dan menggelepar di tanah. Sementara itu, Dara Makota terus melesat jauh meninggalkan Kasuari.
Kasuari hanya dapat memandang Dara Makota dengan rasa malu. Sekarang dia baru tahu rasanya menjadi makhluk lemah. Selama ini dia selalu merasa menjadi burung terhebat. Namun, dalam sekejap dia tidak mampu terbang lagi. Beberapa burung lain turun ke tanah. Mereka membantu Kasuari. Kasuari semakin malu karena selama ini dia telah mencurangi mereka.
Sejak saat itu, Kasuari sadar dan mengubah perilakunya. Namun sayang sekali, sejak saat itu pula Kasuari tidak bisa terbang lagi. Dia harus mencari makan di tanah.
Berdasarkan cerita tersebut, kerjakanlah soal berikut ini!
1. Termasuk jenis cerita fiksi apakah certa “Kasuari dan Dara Mahkota? Jenis cerita fiksi “Kasuari dan Dara Mahkota adalah ………………….………………….………………….………………….…… Penjelasan ….………………….………………….…………………….
2. Siapa saja tokoh yang terdapat pada cerita tersebut?
3. Mengapa burung-burung lain tidak ada yang ingin berteman dengan Kasuari?
4. Bagaimana sifat Kasuari pada cerita tersbut?
5. Apa yang membuat Kasuari sadar dan mengubah prilakunya?
Kegiatan 3 IPA
Terima kasih anak-anak telah menyelesaikan tugas pertama dan keduanya.
Anak-anak, pernahkah kalian mendorong dan menarik benda di lingkungan sekitar mu? Di video berikut ini, kita membahas tentang gaya dan gerak. Yuk kita saksikan videonya dan coba kegiatan berikut!
Lakukan percobaan mendorong dan menarik benda yang ada di rumah! Lalu tuliskan gaya apa yang digunakan dan pengaruh gaya tersebut terhadap gerak benda yang didorong atau ditarik.
Mudah bukan? Kirim video kegiatan tersebut ke Bapak/Ibu guru ya.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.