Dengan melakukan pengamatan, peserta didik dapat menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi, menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah
nada dengan mandiri dan kreatif.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan
terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah
memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap
memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu
sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari
ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama
melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila
melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan
bantuan!
Kegiatan 1 SBdP
Keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan dapat
digambarkan melalui berbagai bentuk dan cara, salah satunya dengan lagu.
Banyak lagu yang bertemakan lingkungan, salah satunya lagu berjudul
“Hijau Rumahku Hijau Bumiku”.
Ayo kita awali pagi ini dengan bernyanyi agar lebih bersemangat! Bagaimana cara menyanyikan lagunya? Simak video berikut!
Berlatihlah menyanyikan lagu “Hijau Rumahku Hijau Bumiku”.
Berlatihlah terus hingga kamu dapat bernyanyi dengan baik. Kamu boleh
berkolaborasi dengan Ayah, Bunda, Kakak atau Adik di rumah. Gunakan
iringan alat musik yang ada di sekitarmu.
Rekam dalam bentuk video/voice note kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2 IPS
Kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung kepada sumber daya alam
yang dimiliki daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat di pedesaan
memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai tanaman pertanian dan
perkebunan.
Sebaliknya dengan masyarakat di daerah di pesisir pantai. Sebagian
besar kegiatan ekonominya mengandalkan hasil perikanan laut. Berikut
beberapa kegiatan ekonomi masyarakat yang tergantung kepada sumber daya
alamnya.
Mari kita baca bersama!
Lingkungan dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat
Beni begitu kagum akan semangat para petani. Para petani bekerja
keras mengolah tanah dan menanam berbagai jenis tanaman. Mereka bekerja
keras memenuhi kebutuhan makanan untuk manusia.
Menjadi petani banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di
pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Masyarakat yang tinggal
didaerah pesisir pantai, mereka banyak yang menjadi nelayan. Mereka
semua bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan
masyarakat luas. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan daerah dan
sumber daya alam dengan aktivitas manusia.
Kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung kepada sumber daya
alam yang dimiliki daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat di pedesaan
memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai tanaman pertanian dan
perkebunan. Sebaliknya dengan masyarakat di daerah di pesisir pantai.
Sebagian besar kegiatan ekonominya mengandalkan hasil perikanan laut.
Berikut beberapa kegiatan ekonomi masyarakat yang tergantung kepada sumber daya alamnya.
1. Masyarakat Daerah Pantai
Pantai merupakan batas pertemuan antara daratan dengan lautan.
Pantai menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Pantai menjadi sumber
daya alam yang berharga bagi Indonesia. Indonesia memiliki banyak pantai
yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.
Kegiatan ekonomi utama masyarakat di sekitar pantai adalah sebagai
nelayan. Namun, oleh karena pemandangan di pantai sangat indah maka
berkembanglah sektor pariwisata. Kompleks-kompleks pertokoan, penginapan
dan hotel, serta jasa pemandu wisata dan penyewaan alat-lat menyelam
menjadi usaha ekonomi baru masyarakat di pesisir pantai.
2. Masyarakat Daerah Laut
Potensi perikanan laut Indonesia sangatlah besar. Hal ini karena
sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. Laut memiliki banyak
potensi. Kita bisa memanfaatkan berbagai hasil laut seperti ikan,
mutiara, kerang, kepiting, udang, teripang, dan rumput laut. Di laut juga ada kegiatan pengeboran sumber energi minyak bumi.
Kita juga bisa memanfaatkan laut sebagai wisata bahari. Kalau kita
menyelam, kita bisa menyaksikan keindahan laut. Beberapa daerah yang
memiliki keindahan bawah laut seperti Raja Ampat di Papua dan Bunaken di
Sulawesi Utara.
3. Masyarakat Daerah Sungai
Sungai merupakan lingkungan alam yang sangat penting. Bagi sebagian
orang, sungai dipergunakan sebagai sumber air bagi kehidupannya. Namun,
bagi sebagian orang yang lain, sungai juga digunakan sebagai sumber
pengairan bagi pertaniannya. Sungai yang dibendung dapat dialirkan ke
sawah-sawah.
Sungai juga menjadi jalur transportasi bagi masyarakat. Ada salah
satu usaha ekonomi yang memanfaatkan sungai dengan yaitu mendirikan
pasar terapung. Pasar jenis ini dapat ditemukan di Sungai Barito,
Banjarmasin. Semua usaha jual beli dilakukan di atas perahu. Oleh karena
keunikannya, pasar ini juga menjadi objek wisata.
4. Masyarakat Dataran Tinggi
Dataran tinggi merupakan wilayah datar yang memiliki ketinggian
lebih dari 400 meter di atas permukaan air laut. Daerah dataran tinggi
baik untuk menanam sayuran dan buah-buahan.
Selain sebagai lahan pertanian, dataran tinggi juga merupakan
tempat yang cocok untuk tempat wisata. Karena daerah dataran tinggi pada
umumnya memiliki udara yang bersih, sejuk, dan segar. Contohnya dataran
tinggi Dieng, di Wonosobo Jawa Tengah
5. Masyarakat Dataran Rendah
Dataran rendah merupakan bagian dari daratan yang memiliki
ketinggian antara 0-200 meter di atas permukaan laut. Seperti dataran
tinggi, dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Selain
itu, dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan untuk industri,
peternakan, dan perumahan.
Kumpulkan informasi tentang aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan daerah tempat tinggalmu!
Kelompokkan aktivitas ekonomi tersebut berdasarkan lingkungan alam yang cocok.
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri
pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar!
Ucapkanlah
terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di
rumah.
Kelas : IV Tema : 1. Indahnya Kebersamaan Sub Tema : 2. Kebersamaan dalam Keberagaman Tujuan Pembelajaran Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia dengan kreatif, mengidentifikasi unsur-unsur tari kreasi daerah dengan mandiri. Assalamualaikum wr.wb Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! Kegiatan 1 Tematik PPKn Anak-anak hebat, apakah kamu pernah mengikuti atau melihat perayaan hari besar agama di sekitar tempat tinggalmu? Ada 6 agama yang diakui di Indonesia. Setiap agama memiliki perayaan hari besarnya masing-masing. Un...
VOLUME GABUNGAN BANGUN RUANG Video Bangun Ruang Volume bangun gabungan merupakan jumlah dari volume bangun-bangun pembentuknya. Untuk dapat menentukan volume gabungan dua buah bangun ruang atau lebih tentunya harus menghitung volume bangun-bangun yang menyusun bangun gabungan tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencari volume gabungan bangun ruang adalah ukuran dari masing-masing unsur bangun tersebut. Biasanya ukuran unsur bangun ruang tersebut tidak disebutkan, sehingga harus mencari terlebih dahulu dengan cara melihat unsir-unsur bangun yang lainnya. Volume Gabungan Kubus dan Balok Kubus dan balok merupakan bangun ruang yang terbentuk dari susunan bangun datar. Kubus, merupakan bangun ruang yang terdiri dari persegi yang kongruen (sama besar).Balok, merupakan bangun ruang yang dapat terdiri dari persegi ataupun persegi panjang. Bangun tersebut sama panjang dengan dihadapannya Kubus termasuk ke dalam bentuk bangun ruang ...
Kelas : 4 (Empat) Tema : 8 (Daerah Tempat Tinggalku) Subtema : 3 (Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku) Pembelajaran : 5 Semester : II (Genap) Alokasi Waktu : 6 x 35 menit Hari/ tanggal : Selasa, 29 Maret 2022 Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia 3.5 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. 4.5 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual. Matematika 3.5 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang. 4.5 Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang. Tujuan Pembelajaran Setelah membaca cerita fiksi, siswa dapat mencermati informasi yang terdapat pada cerita tersebut dengan tepat. Setelah memperhatikan data berupa tabel, siswa dapat membaca dan menafsirkan data tersebut dengan tepat Kegiatan 1 Bahasa Indonesia : Cerita Fiksi Ananda, air sangatlah penting dalam ...