PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

 

 

 

Kelas : IV

Tema : 1. Indahnya Kebersamaan

Sub Tema : 3. Bersyukur Atas Keberagaman

 

 

Tujuan Pembelajaran

Melalui tayangan video, peserta didik dapat menginterpretasikan kerja sama sebagai bentuk persatuan dan kesatuan dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia dengan komunikatif. Memberikan apresiasi terhadap penampilan tari kreasi daerah dengan penuh tanggung jawab.

 

Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

 


 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Seperti biasa setiap hari Jumat kita lakukan pembiasan Jumat Ta'lim ! 

 Mari sama-sama kita awali dengan:
1. Pembacaan umul qur'an surat al-fatihah
2. Pembacaan surat yasin 

 


 3. Pembacaan Asmaul husna

 


 
4. Tausiah Bp.Suhatman


https://youtu.be/jDRfYy0yiHw

5. Shalat dhuha

Semangat dan ikhlas mengerjakan..semoga Allah selalu memberikan kesehatan & kemudahan bagi setiap urusan kita...amiinn ya rabbal alamin 

Kolase kan foto kegiatan jumat ta'lim kalian kemudian kirim ke WA bpk/ibu guru

 

Kegiatan 1 Tematik PPKn

Salah satu wujud persatuan dan kesatuan adalah kerja sama. Dengan bekerja sama pekerjaan menjadi lebih ringan, cepat selesai, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, serta memupuk rasa tolong-menolong.

Anak-anak hebat, diskusi yang biasa kita lakukan di sekolah, atau di rumah bersama ayah/bunda juga merupakan contoh kerja sama. Kita tidak boleh membeda-bedakan suku, budaya, atau agama ketika berdiskusi. Semua orang memiliki hak yang sama untuk menyampaikan pendapatnya.

Nah, Anak-anak, sekarang kita simak tayangan berikut ini yuk!


 https://youtu.be/BReDb-UEQA4

 

Pada tayangan tadi, kalian telah menyimak cerita Lani, Edo dan teman-temannya yang bekerja sama membuat mozaik kreasi bersama

Berdasarkan cerita tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Apa ide yang dimiliki Lani?

2. Apa ide yang dimiliki oleh Edo?

3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda?

4. Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat? Jelaskan!

5. Kerja sama apa yang terlihat pada cerita tersebut?

6. Apa manfaat kerja sama dalam keberagaman?

7. Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?

8. Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani terebut?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2 Tematik SBdP

Anak-anak hebat, pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah belajar tentang tari kreasi daerah dan juga gerakan-gerakannya.

Nah sekarang bapak/ibu guru ingin melihat kembali, kalian menampilkan suatu tarian kemudian memberikan apresiasi terhadap tarian yang ditampilkan teman kalian.

Apakah kamu tahu apa yang dimaksud apresiasi? Setelah melakukan pementasan tari, penonton akan memberikan apresiasi. Apresiasi merupakan penilaian terhadap satu karya. Dalam karya seni, apresiasi dilakukan dengan mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.

Nah, sekarang coba kamu berlatih mempraktikkan tarian berikut ini!


https://youtu.be/Ss6pR2XNRYc

 

Bapak/ibu guru yakin kalian bisa mempraktikkannya dengan baik! Rekamlah dalam bentuk video dan kirimkan ke WAG agar teman-teman yang lain bisa melihatnya ya!

Selanjutnya, pilihlah dua orang teman yang kamu amati penampilannya kemudian lengkapi tabel berikut ini!

Kerjakan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

 

Refleksi Penutup

Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, tetapi Anakanak tidak boleh lupa, bahwa besok SENIN kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung, dan sifat-sifat bunyi. Berikut ini materi tentang sifat-sifat bunyi:

 

SIFAT BUNYI

Bunyi Dapat Dipantulkan

Pemantulan bunyi terjadi karena gelombang bunyi menabrak bidang pantul kemudian gelombang bunyi tersebut dipantulkan oleh bidang pantul. Akan tetapi, tidak semua bunyi yang mengenai bidang pantul akan dipantulkan. Ada sebagian bunyi yang diserap dinding pemantul. Kemampuan suatu permukaan dalam memantulkan bunyi tergantung pada keras lunaknya permukaan.

Bunyi akan dipantulkan jika mengenai suatu benda. Macam-macam bunyi pantul antara lain:

1. Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli.

Contohnya ketika kamu menyanyi di kamar mandi, suaramu terdengar lebih nyaring. Hal itu disebabkan jarak antara sumber bunyi dengan bidang pantul amat dekat sehingga bunyi pantul kembali dalam waktu singkat.

 

2. Gema

Gema adalah bunyi pantul yang muncul setelah bunyi asli selesai dikirim. Gema terjadi jika bunyi pantul terletak amat jauh dari sumber bunyi, misalnya saat kita berteriak di tebing atau dalam gua.

Contoh terjadinya gema:

Bunyi asli                  :         mer-de-ka

Bunyi pantul             :                            mer-de-ka

Bunyi yang terdengar:        mer-de-ka mer-de-ka

  

3. Gaung

Gaung adalah sebagian bunyi pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi yang terdengar menjadi tidak jelas. Gaung terjadi dalam ruangan tertutup seperti gedung bioaskop atau studio musik. Contoh terjadinya gaung:

Bunyi asli                    :    mer-de-ka

Bunyi pantul                :         mer-de-ka

Bunyi yang terdengar   :    mer-         ka

Untuk mencegah terjadinya gaung, ruangan dapat dilapisi dengan bahan-bahan yang dapat meredam suara seperti kapas, busa, atau gabus.

 

 

Manfaat Pemantulan Bunyi 

Pemantulan bunyi dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat pemantulan bunyi antara lain sebagai berikut:

1. Mendeteksi keretakan pada logam

Pancaran gelombang ultrasonik digunakan untuk memeriksa retak-retak tersembunyi pada pesawat terbang.

2. USG

Dalam bidang kedokteran gelombang ultrasonik dilakukan untuk melakukan pemeriksaan media ultrasonografi (USG), misalnya pemeriksaan kandungan pada ibu hamil.

3. Mengukur kedalaman laut

Untuk mengukur kedalaman laut, kapal memancarkan bunyi dari alat yang ada di dasar kapal menuju dasar laut. Bunyi yang telah sampai di dasar laut akan dipantulkan dan kembali diterima oleh alat tersebut.

4. Mengetahui kedudukan benda dalam laut

Dengan mengarahkan gelombang bunyi ke dalam laut dapat diketahui benda-benda yang ada di dalam laut, misalnya kapal selam dan kelompok ikan.

Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021