PJJ KELAS 4 KAMIS 29 JULI 2021
Kelas : IV (Empat)
Tema : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Sub Tema : 3 (Bersyukur atas Keberagaman)
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi, siswa dapat mengidentifikasi bahwa bunyi memiliki sifat dapat dipantulkan dan diserap oleh benda dengan tepat. Setelah memperhatikan video keberagaman makanan khas di Indonesia, siswa dapat mengidentifikasi keragaman makanan di Indonesia dengan benar.
Assalamualaikum wr.wb
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Tematik IPA
Anak hebat, pada pertemuan yang lalu kalian telah belajar tentang bunyi dan sumber bunyi. Nah, kali ini kita akan belajar tentang sifat-sifat bunyi. Anak hebat, tahukah kamu bahwa bunyi itu dapat dipantulkan dan diserap?
Pernahkah kamu bernyanyi di kamar mandi? Apakah suaramu terdengar lebih keras? Jika iya, berarti suaramu mengalami pemantulan. Pernahkah kamu menonton film di bioskop? Ketika diluar ruangan bioskop apakah kamu mendengar suara film yang sedang diputar? Biasanya kita tidak dapat mendengarnya ya, hal tersebut dikarenakan suara di dalam bioskop mengalami penyerapan.
Anak hebat, agar pengetahuan mengenai pemantulan dan penyerapan bunyi bertambah, silahkan kalian membaca materi pada link di bawah ini ya!
SIFAT BUNYI
Bunyi Dapat Dipantulkan
Pemantulan bunyi terjadi karena gelombang bunyi menabrak bidang pantul kemudian gelombang bunyi tersebut dipantulkan oleh bidang pantul. Akan tetapi, tidak semua bunyi yang mengenai bidang pantul akan dipantulkan. Ada sebagian bunyi yang diserap dinding pemantul. Kemampuan suatu permukaan dalam memantulkan bunyi tergantung pada keras lunaknya permukaan.
Bunyi akan dipantulkan jika mengenai suatu benda. Macam-macam bunyi pantul antara lain:
1. Bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli.
Contohnya ketika kamu menyanyi di kamar mandi, suaramu terdengar lebih nyaring. Hal itu disebabkan jarak antara sumber bunyi dengan bidang pantul amat dekat sehingga bunyi pantul kembali dalam waktu singkat.
2. Gema
Gema adalah bunyi pantul yang muncul setelah bunyi asli selesai dikirim. Gema terjadi jika bunyi pantul terletak amat jauh dari sumber bunyi, misalnya saat kita berteriak di tebing atau dalam gua.
Contoh terjadinya gema:
Bunyi asli : mer-de-ka
Bunyi pantul : mer-de-ka
Bunyi yang terdengar: mer-de-ka mer-de-ka
3. Gaung
Gaung adalah sebagian bunyi pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi yang terdengar menjadi tidak jelas. Gaung terjadi dalam ruangan tertutup seperti gedung bioaskop atau studio musik. Contoh terjadinya gaung:
Bunyi asli : mer-de-ka
Bunyi pantul : mer-de-ka
Bunyi yang terdengar : mer- ka
Untuk mencegah terjadinya gaung, ruangan dapat dilapisi dengan bahan-bahan yang dapat meredam suara seperti kapas, busa, atau gabus.
Manfaat Pemantulan Bunyi
1. Mendeteksi keretakan pada logam
Pancaran gelombang ultrasonik digunakan untuk memeriksa retak-retak tersembunyi pada pesawat terbang.
2. USG
Dalam bidang kedokteran gelombang ultrasonik dilakukan untuk melakukan pemeriksaan media ultrasonografi (USG), misalnya pemeriksaan kandungan pada ibu hamil.
3. Mengukur kedalaman laut
4. Mengetahui kedudukan benda dalam laut
Adakah hal baru yang kamu peroleh setelah membaca materi tersebut? Pastinya ada ya? Anak hebat, sekarang kita akan melakukan percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi. Kamu bisa menyimak video berikut untuk melakukannya ya!
Nah, anak hebat selanjutnya silahkan kamu melakukan percobaan tersebut dibantu ayah, bunda, kakak, atau adik di rumah.
Videokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya! Setelah melakukan percobaan, isilah tabel hasil percobaan berikut ini:
Jangan lupa, foto hasilnya dan kalian kirimkan ke bapak/ibu gurumu! Selamat mengerjakan, tetap semangat!
Kegiatan 2 Tematik IPS
Anak hebat, kalian tentu sudah mengetahui bahwa Indonesia sangat kaya dengan keberagaman mulai dari suku bangsa, bahasa, pakaian adat, rumah adat, tarian, makanan khas dan sebagainya. Nah, kali ini kita akan belajar tentang keberagaman makanan khas di Indonesia. Pastinya materi ini sangat menarik ya!
Untuk lebih jelasnya, silahkan kalian tonton video tentang keberagaman makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia pada link di bawah ini ya!
Bagaimana anak hebat? Pasti setelah melihat video tersebut membuat kita lapar ya! Bapak/ibu guru yakin pasti kalian pernah mencicipi beberapa makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia yang ada dalam video tersebut.
Tugas pada kegiatan ini yaitu, tuliskan makanan khas daerah yang kamu ketahui di lingkungan tempat tinggalmu dan sajikan dalam bentuk tabel!
Setelah selesai, kirimkan ke bapak/ibu guru ya.
Refleksi Penutup
Anak hebat, sampai di sini pembelajaran hari ini. Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya yang lebih seru lagi ya! Untuk pertemuan selanjutnya, kita akan membahas materi kerja sama dan tari kreasi daerah. Untuk materi kerja sama bisa kamu pelajari pada link berikut ini ya!
Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya!Kita akhiri dengan membaca doa terlebih dahulu
Wasalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.