PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

 

 

 

Kelas : IV (Empat)

Tema : 1 (Indahnya Kebersamaan)

Sub Tema : 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah memperhatikan video tentang permainan tradisional, siswa dapat mengidentifikasi permainan tradisional yang ada di daerahnya dan mengaitkannya dengan sikap persatuan dan kesatuan dengan benar. Setelah membaca teks berjudul “Suku Minang”, siswa dapat menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks “Suku Minang” dengan tepat.

 

Assalamualaikum wr.wb

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

 


 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

 Kegiatan 1 Tematik B.Indonesia

Anak hebat, pada pertemuan yang lalu kita telah membahas tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung. Sudah pahamkah kalian tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung?

Supaya kalian lebih memahami, perhatikan video penjelasan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks bacaan ”Suku Minang“ berikut ini!

 


https://youtu.be/zjz8MDOvGVM

Anak hebat, bagaimana penjelasannya? Sudahkah bisa menentukan gagasan pokok dan pendukung pada setiap paragraf?

Sekarang bacalah dengan teliti teks Suku Minang  di bawah ini!

SUKU MINANG

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam  seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Halaman 58-59

Selanjutnya, carilah gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf tiga, empat, dan lima!

Tulislah di buku tulismu lalu foto dan kirimkan ke pada bapak/ibu gurumu ya! Selamat mengerjakan!

 

 Kegiatan 2 Tematik SBDp

Anak hebat, pada pembelajaran yang lalu kamu telah belajar tentang sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Keberagaman di Indonesia tidak hanya dari bahasa, rumah adat, dan budaya semata. Ternyata jenis permainan tradisionalpun sangat beragam. Contohnya permainan benteng-bentengan dan gobak sodor yang di dalamnya sarat nilai-nilai sikap persatuan dan kesatuan.

Supaya kalian lebih jelas, simak video penjelasan berikut ini ya!


https://youtu.be/1-0ytm-4QL4

Anak hebat, bagaimana penjelasan video tersebut? Apakah sudah paham? Jika masih belum paham bisa tanyakan kepada bapak/ibu gurumu ya!

Untuk tugas pada sesi ini, jawablah pertanyaan berikut !

1. Apakah kamu pernah bermain permainan tradisional?

2. Permainan tradisional apa yang pernah kamu mainkan bersama teman-teman ?

3. Dimanakah kamu melakukan permainan tersebut?

4. Nilai-nilai apa yang terkandung dalam permainan tradisional tersebut?

5. Bagaimana cara untuk melestarikan permainan tradisional tersebut?

Tulislah di buku tulismu, lalu kirimkan ke bapak/ibu gurumu ya!

 

Refleksi/penutup

Untuk pertemuan selanjutnya kita akan membahas tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung serta percobaan sifat-sifat bunyi. Silahkan kalian pelajari terlebih dahulu pada link berikut ini!


https://youtu.be/bd2yh8uREA8

Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya ya! Kita akhiri dengan membaca doa terlebih dahulu


 

 Wasalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021