PJJ KELAS 4 SENIN 26 JULI 2021
Kelas : IV
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis dengan mandiri, peserta didik dapat menjelaskan bagian, cara kerja, cara merawat dan fungsi telinga sebagai indra pendengaran manusia pada suatu peta pikiran dengan kreatif.
Assalamualaikum wr.wb
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Tematik IPA
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kalian telah melakukan percobaan mengidentifikasi asal sumber bunyi. Hal tersebut dapat kalian lakukan karena kita memiliki indra pendengaran, yaitu telinga.
Selain sebagai indra pendengar, telinga kita juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh. Anak-anak hebat, pernahkah terpikir olehmu bagaimana cara telinga kita bisa menangkap bunyi? Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini!
Nah, selanjutnya kita buat peta pikiran tentang indra pendengar seperi berikut ini yuk!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2 Tematik B.Indonesia
Anak-anak hebat menjalin kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan rumah dapat kita lakukan dengan banyak hal, misalnya membantu orang tua atau bergotong royong membersihkan sampah.
Nah, berikut ini ada cerita yang berjul “Tong Sampah Gotong Royong”, Kita baca bersama-sama yuk!
Tong Sampah Gotong Royong
Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
Pagi hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura. Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.
Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.
Sumber: Buku Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017
Dari kisah di atas kita belajar bahwa pekerjaan yang dilakukan bersama akan menjadi lebih mudah, cepat selesai, dan juga meningkatkan persatuan dan kesatuan.
Nah, Anak-anak hebat, selanjutnya ayo tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada tiap paragraf berdasarkan bacaan tersebut!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Refleksi/penutup
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, tetapi Anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung, dan perbandingan pecahan.
Berikut ini materi tentang kerjasama dalam keberagaman:
Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Kita akhiri dengan membaca doa terlebih dahulu
Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.