PJJ KELAS 4,SENIN 6 SEPTEMBER 2021

 


Kelas : IV Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup 
Sub Tema : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
 Semester : I (Ganjil) 
Alokasi Waktu : 120 menit




Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca teks wawancara, peserta didik dapat menata informasi yang diperoleh dari teks wawancara dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya pelestarian hewan dengan penuh tanggung jawab.


Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak! 

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).


 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1

Selain tumbuhan, hewan juga merupakan sumber daya alam yang perlu terus dijaga keseimbangan dan kelestariannya. Jika tidak, maka hewan-hewan tersebut akan menjadi langka dan punah. Di sekitar kita banyak hewan yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, namun ada juga hewan yang perlu dijaga kelestariannya dan dilindungi. 

Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini!

 

https://youtu.be/lAxl8q-Lgyw

Setelah menyimak tayangan tadi, selanjutnya coba kalian jawab soal-soal di bawah ini! 

1. Apa yang kamu ketahui tentang pelestarian hewan? 

2. Tuliskanlah contoh hewan-hewan dilindungi yang ada di Indonesia! 

3. Mengapa perlu dilakukan pelestarian terhadap hewan yang langka dan dilindungi? 

4. Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kepunahan hewan? 

5. Berikan saranmu agar kelestarian hewan tetap terjaga! Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!


Kegiatan 2 

Anak-anak hebat, burung cendrawasih merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Nah, kali ini Beni dan kawankawan ingin mencari informasi tentang burung cendrawasih. Untuk itu, mereka melakukan wawancara dengan seorang petugas penangkaran hewan. Mari kita baca teks wawancaranya pada tautan berikut ini! 

Mari kita baca teks wawancaranya pada tautan berikut ini!

Beni             : “Selamat pagi, Pak!

Pak Yogi       : “Selamat pagi, Nak. Ada yang bisa saya bantu?”

Beni             : “Perkenalkan nama saya Beni, Pak. Bolehkah saya mewawancarai Bapak sebentar?”

Pak Yogi       : “Tentu saja, dengan senang hati, Nak.”

Beni             : “Saya ingin bertanya tentang pelestarian burung cendrawasih.”

Pak Yogi       : “Iya, Nak. Silakan.”

Beni             : “Bagaimana ciri-ciri burung cendrawasih, Pak?

Pak Yogi       : “Burung cendrawasih memiliki warna bulu yang mencolok, biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.”

Pak Yogi       : “Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur yaitu Papua dan sekitarnya.”

Beni             : “Mengapa cendrawasih termasuk hewan yang dilindungi, Pak?”

Pak Yogi       : “Karena burung cendrawasih merupakan hewan yang terancam keberadaannya dan hampir punah. Sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan untuk mempertahankannya.”

Beni             : “Apa yang menyebabkan keberadaannya terancam, Pak?”

Pak Yogi    : “Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini, burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.”

Beni             : “Apa saja jenis burung cendrawasih yang dilindungi, Pak?”

Pak Yogi     : “Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa.”

Beni             : “Bagimana cara kita untuk ikut serta melestarikan burung cendrawasih tersebut, Pak?”

Yogi     : “Kita semua dapat turut serta melestarikan burung cendrawasih dengan cara tidak memperjualbelikannya, tidak memelihara burung cendrawasih perorangan, dan tidak merusak habitat aslinya di hutan.”

Beni        : “Oh, begitu. Baik Pak. Sekarang, saya sudah mengerti tentang pelestarian burung cendrawasih. Terima kasih atas informasi yang telah Bapak berikan kepada saya. Terima kasih juga atas kesediaanya untuk diwawancarai.”

Pak Yogi       : “Ya, sama-sama, Nak. Semoga informasinya bermanfaat.”


https://tinyurl.com/t6u558bt 

Anak-anak hebat, kita dapat memperoleh informasi dari kegiatan wawancara. Untuk itu, kita perlu mencatatnya. Namun, tidak semua informasi kita catat, melainkan hanya informasi-informasi penting yang berkaitan dengan pertanyaan yang diajukan. Nah, sekarang coba kalian catat pokok-pokok informasi yang terdapat pada teks wawancara yang telah kita baca tadi.

 Kemudian, susunlah informasi tersebut dan tuliskan kembali pada kolom seperti berikut ini!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!


Refleksi/penutup

Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang faktor bilangan dan mozaik. Berikut ini link materinya:

https://youtu.be/2EPu7xNCEm0

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita! Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!!



 Salam!!!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021