BDR KELAS 4 JUMAT 12 NOPEMBER 2021

 


 

 

Kelas             : 4 (Empat)

Tema              : 5 (Pahlawanku)

Sub Tema       : 2 (Pahlawanku Kebanggaanku)

Semester         : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit

 

Kompetensi Dasar

PPKN 

1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila”sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila

3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila

4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

IPS 

3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah memperhatikan video penjelasan mengenai penerapan sila kelima Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi studi kasus terkait penerapan sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

Setelah memperhatikan video penjelasan mengenai tokoh Sultan Ageng Tirtayasa, siswa dapat mengidentifikasi hal-hal terkait tokoh Sultan Ageng Tirtayasa dalam kaitanya dengan peninggalan Keraajaan Islam di Nusantara dengan tepat.

 Kegiatan 1 PPKn

Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas makna simbol sila kelima Pancasila. Kali ini kita masih belajar sila kelima Pancasila tetapi berfokus pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sila kelima Pancasila yang berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” mengandung nilai-nilai luhur yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya bersenang hati melakukan sesuatu untuk kepentingan bersama dan untuk kemajuan bersama.

Supaya lebih jelas silahkan simak video penjelasan berikut ini!


 https://youtu.be/16O4wt2PmQ0

 

Anak hebat, menarik sekali materi hari ini ya!

Selanjutnya supaya kalian lebih paham penerapan sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, silahkan kerjakan studi kasus yang ada  di bawah ini!

Keterampilan kinerja praktik muatan PPKN

Menerapkan Nilai Luhur Sila Kelima Pancasila

Perhatikan cerita berikut. Lalu, kerjakan soal-soal berikut ini!

Suatu hari ibu guru meminta siswa membuat prakarya. Setiap prakarya yang dibuat harus dapat digunakan di sekolah. Misalnya, vas bunga atau tempat alat tulis. Prakarya terbaik juga akan didaftarkan pada lomba prakarya antarkelas.

Sebelum mengumpulkan prakarya pada ibu guru, Ajeng dan teman-teman ingin memperlihatkan prakarya buatan masing-masing. Ajeng dan Fitri membuat prakarya yang sama, yaitu vas bunga. Teman-teman menganggap prakarya buatan Fitri lebih bagus dari pada buatan Ajeng. Mereka ingin prakarya buatan Fitri yang didaftarkan pada lomba prakarya antar kelas.

a. Salah satu sikap yang sesuai nilai luhur sila kelima Pancasila adalah menghargai karya buatan orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan bersama. Apakah teman-teman Ajeng telah menerapkan sikap tersebut?

b. Bagaimana sebaiknya sikap Ajeng terhadap pendapat teman-temannya? Jelaskan!

Tulislah jawabanmu pada buku tugasmu! Setelah selesai kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Selamat mengerjakan!

 

Kegiatan 2 IPS

Anak hebat, pada pembelajaran sebelumnya kita telah membahas tokoh dari Kerjaan Hindu-Budha dan Islam, kali ini kita akan melanjutkan membahas tokoh dari Kerjaan Islam yang terkenal dari Banten, yaitu Sultan Ageng Tirtayasa. Bagaimana perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa? Mari kita simak penjelasannya pada video berikut ini!

 


https://youtu.be/fjzjnZueMhQ

 

Bagaimana anak hebat? Luar biasa sekali ya perjuangan Sultan Ageng Tirtayasa.

Catat informasi penting yang kamu peroleh dari penjelasan tersebut di buku tulismu ya!

Sekarang, untuk mengukur sejauh mana pemahamanmu terhadap materi tersebut, kerjakan quiz pada link berikut ini!

https://forms.gle/W4nzH4mMmLJDttzY8

Setelah selesai, silahkan screenshot skor perolehanmu dan kirim ke Bapak/Ibu Guru ya!

 

 Refleksi Penutup

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “cermin dan soal cerita pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat”.

Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!

https://tinyurl.com/7mft24

Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021