BDR KELAS 4 RABU 3 NOPEMBER 2021
Kelas : IV
Tema : 5. Pahlawanku
Sub Tema : 2. Pahlawan Kebangganku
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala
banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan makna hubungan
simbol dengan sila kelima Pancasila sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari. Dengan membaca, peserta didik dapat menyampaikan
pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri.
Kegiatan 1 Muatan B.Indonesia
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Anak-anak hebat, setelah mengetahui perjuangan para pahlawan, menurutmu masih adakah tokoh masa sekarang yang memiliki jiwa kepahlawanan?
Nah, sekarang coba kita baca kisah Gusnadi Wiyoga yang berprestasi di tengah keterbatasan di bawah ini! Kamu juga dapat membacanya pada Buku Siswa Tema 5 halaman 61-62 ya!
Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan
Gusnadi Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Dusun Waringin, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang tukang sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kondisi perekonomian orang tua Gusnadi yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi.
Yoga panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado. Hasil ini mengantarkan Yoga mewakili Indonesia di International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011. Pada kompetisi ini Yoga mendapatkan medali perak. Kesederhanaan tidak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah.
Bagaimana memulai semuanya? Semua itu berawal ketika ia duduk di kelas VI SD. Saat itu, ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang. Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya, Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha.
Anak-anak hebat, selanjutnya tuliskanlah informasi penting yang
terdapat pada teks tersebut, dengan menjawab pertanyaan pertanyaan
berikut ini!
1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga?
2. Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasi itu?
3. Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu!
4. Apakah sikap Yoga tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabanmu!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2 Muatan PPKn
Anak-anak hebat, salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai dengan sila kelima.
Ayo kita pelajari lebih lanjut tentang sila kelima Pancasila dengan menyimak video berikut ini!
Sila-sila pancasila merupakan pedoman bagi bangsa Indoensia. Sudah selayaknya kita sebagai bangsa Indonesia mengamalkan setiap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari.
Nah Anak-anak hebat, berikutnya kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1. Amati simbol di bawah ini. Jelaskan arti dari simbol tersebut!
2. Apa hubungan simbol dengan maknanya?
3. Bacalah ilustrasi berikut ini!
Edo, Udin, Lani, dan Siti mendapat tugas kelompok untuk mendiskusikan
contoh pengamalan-pengamalan sila kelima Pancasila. Edo, Udin, dan Lani
asik mengobrol, sementara Siti mengerjakan tugas kelompok tersebut.
a) Apakah Edo sudah membagi pekerjaan secara adil? Jelaskan jawabanmu!
b) Apakah sikap Edo dan teman-temannya mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabamu!
c) Apa yang akan terjadi jika pada saat kerja kelompok, tugas tidak dibagi secara adil?
Refleksi Penutup
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar
yang lebih seru, yaitu: pembulatan hasil pengukuran berat dan membuat
lup sederhana. Berikut ini tautan materinya:
https://youtu.be/V4mlNm9HOUg
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta