BDR KELAS 4 KAMIS 10 MARET 2022
Kelas : IV (Empat)
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Sub Tema : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Hari, Tanggal : Kamis, 10 Maret 2022
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.5 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
4.5 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.
IPS
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta
hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa
Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh yang
terdapat pada cerita fiksi dengan teliti. Melalui tayangan video,
peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman
ekonomi di provinsi setempat serta hubungannya dengan karakteristik
ruang dengan kerja keras.
Kegiatan 1 IPS
Anak-anak hebat, lingkungan sangat memengaruhi kegiatan ekonomi
penduduk. Tahukah kamu tentang kegiatan ekonomi? Ayo, kita pelajari
bersama pada tautan di bawah ini!
Selanjutnya, lakukanlah kegiatan berikut ini!
1. Amatilah lingkungan tempat tinggalmu.
2. Identifikasilah kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan tempat tinggalmu.
3. Identifikasi pula jenis pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi itu.
4. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
a. Contoh kegiatan ekonomi di lingkungan tempat tinggalku:
1) Produksi : ……………….…………………………….
………….……………….……………….……………….…..…
………….……………….……………….………………………
2) Distribusi : ……………….…………………………….
………….……………….……………….……………….…..…
………….……………….……………….………………………
3) Konsumsi : ……………….…………………………….
………….……………….……………….……………….…..…
………….……………….……………….………………………
b. Jenis pekerjaan yang terkait kegiatan ekonomi di tempat tinggalku:
1) Produksi : ……………….…………………………….
………….……………….……………….……………….…..…
………….……………….……………….………………………
2) Distribusi : ……………….…………………………….
………….……………….……………….……………….…..…
………….……………….……………….………………………
3) Konsumsi : ……………….…………………………….
………….……………….……………….……………….…..…
………….……………….……………….………………………
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian kumpulkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 Bahasa Indonesia
Pada pembelajaran yang lalu, kamu telah mempelajari tentang tokoh pada
cerita fiksi. Tokoh cerita fiksi dibedakan menjadi dua, yaitu tokoh
utama dan tokoh tambahan.
Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam cerita, ditampilkan terus-menerus, dan mendominasi cerita.
Tokoh tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali
dalam cerita. Tokoh ini biasanya untuk menghidupkan cerita atau sekadar
pemanis cerita.
Nah, sekarang kalian akan belajar mengidentifikasi tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita fiksi?
Terlebih dahulu bacalah teks berikut ini!
Berdasarkan cerita tersebut, jawablah soal-soal berikut!
1. Siapa tokoh utama dalam cerita berjudul “Asal Mula Bukit Catu”?
3. Siapa tokoh tambahan dalam cerita berjudul “Asal Mula Bukit Catu”?
4. Mengapa tokoh tesebut disebut tokoh tambahan? Jelaskan alasanmu!
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian kumpulkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, pada pertemuan
berikutnya, kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang manfaat
keberagaman karakteristik individu dan tokoh tokoh pada teks fiksi.
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta